Pernah Satu Tim dengan Van Nistelrooy, Ini 5 Fakta Kalezic Pelatih Baru PSM

Terkini.id, Makassar - Klub sepak bola PSM Makassar, secara resmi mengumumkan pelatih baru pengganti Robert Rene Albert, pada Sabtu 2 Februari 2018. Pelatih baru tersebut, Darije Kalezic, akan mengarsiteki PSM Makassar dalam ajang Liga 1 2019. Sebelumnya, Kalezic menangani Wellington Phoenix FC di Australia A-League. CEO PSM Munafri Ariffudin mengatakan, penetapan Kalezic sebagai pelatih PSM sempat tarik ulur, lantaran Robert (pelatih sebelumnya) sempat pulih dari sakit, lalu disebutkan kondisinya kembali tidak membaik. Siapa darije Kalezic, pelatih baru PSM yang sudah dikontrak oleh manajemen dengan durasi waktu satu tahun itu?

1. Munafri Sempat Batalkan Kontrak Kalezic

Rupanya, Munafri Arifuddin sempat menelepon Kalezic untuk membatalkan kontraknya. Munafri mengaku, saat itu Kalezic dan manajemen sudah sepakat, akan tetapi kemudian Robert menyatakan kesehatannya membaik. "Akhirnya saya telepon lagi beliau (Kalezic) untuk membatalkan (kesepakatan). Tapi dalam perjalanannya, kondisi dia tidak makin membaik. Jadi tidak ada yang namanya menolak atau membujuk,” jelas Appi, sapaan Munafri seperti dilansir dari goalcom.

2. Pernah Satu Tim dengan Van Nistelrooy

Salah satu yang menarik dari jenjang karier Kalzic adalah, pelatih asal Bosnia ini pernah mendapat kesempatan bekerja sama dengan legenda Manchester United Ruud van Nistelrooy dalam satu tim. Nistelrooy pernah melakukan "magang" sebagai asisten pelatih tim junior PSV pada 2014 kala tim tersebut ditangani Kalezic. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mengikuti kursus untuk mendapatkan sertifikat kepelatihan dari UEFA. Selain itu, legenda timnas Belanda, Mark van Bommel mengikuti program sebagai asisten pelatih di tim utama PSV. Dilansir dari bolasport.com, PSV merupakan klub yang pernah dibela Van Nistelrooy dan Mark van Bommel di masa lalu.

3. Latih Beberapa Pemain Hebat

Siapa sangka, saa menjadi pelatih PSV, Kalezic pernah melatih beberapa pemain hebat saat bergabung di tim tersebut. Nama-nama pemain itu, seperti Georginio Wijnaldum (Liverpool), Santiago Arias (Atletico Madrid), dan Nicolas Isimat-Mirin (Besiktas), adalah nama-nama tenar yang pernah dilatih Darije Kalezic saat masih berkostum PSV II.

4. Asal Serbia

Dilansir dari wikipedia, Kalezic lahir di Pfäffikon, Swiss, pada 1 November 1969 (49 tahun). Juru taktik bola berkebangsaan Swiss dan Bosnia-Herzegovina ini saat masih muda, aktif sebagai bek dengan formasi favorit: 4-2-3-1. Adapun karier kepelatihannya antara lain: • 2006–2008: De Graafschap (reserve/youth) • 2008–2009: De Graafschap (asisten pelatih) • 2009–2011: De Graafschap • 2011: Zulte Waregem • 2013: Stockport County • 2013–2015: PSV U21 • 2015–2016: Roda JC Kerkrade • 2016: Al-Taawoun • 2017–2018: Wellington Phoenix • 2019: PSM Makassar

5. Tertarik dengan Suporter PSM

Saat konferensi pers, Sabtu lalu, Kalezic mengaku faktor suporter lah yang membuat dirinya menerima pinangan PSM. Pelatih asal Bosnia-Herzegovina ini mengaku tertarik saat mendengar dan melihat gairah fans PSM. "Itu menambah keinginan saya untuk datang ke sini. Saya kira kami punya gairah yang sama, dan itu sangat penting bagi saya. Pekan depan kami akan mulai bekerja keras, berkenalan dengan pemain dan staf,” ujar Kalezic seperti dilansir goal.com. “Saat ini saya belum bisa menyebutkan apakah mendatangkan pemain baru atau tidak. Saya ingin lihat dulu dalam beberapa hari ke depan agar tidak mengambil keputusan yang salah.” “Setiap memulai karir sebagai pelatih, saya selalu punya virus yang bisa mengatasi tekanan. Kalian bilang klub ini tidak juara dalam 18 tahun, kenapa saya harus merasa tertekan? Tapi satu hal yang pasti, saya datang ke sini untuk memenangkan trofi," terangnya.