Beredar Kabar Virus Corona Menyebar Lewat HP Xiaomi, Ini Faktanya

Terkini.id, Makassar - Media sosial belum lama ini dihebohkan dengan beredarnya kabar yang menyebut bahwa virus corona dapat menyebar melalui Handphone (HP) merek Xiaomi.

Kabar tersebut diunggah oleh salah satu akun Facebook, Pineappel, di grup-grup Facebook pada Senin 27 Januari 2020.

Dalam unggahannya, akun Pineappel melampirkan foto yang memperlihatkan sebuah percakapan dari aplikasi perpesanan WhatsApp.

Dalam percakapan itu, disebutkan bahwa virus corona menyebar melalui server dan dikeluarkan dari speaker Xiaomi.

"PERINGATAN DAN PERHATIAN KEPADA SELURUH OJOL BAHWA VIRUS CORONA SUDAH MENYEBAR KE HP XIAOMI KARENA HP XIAOMI DARI CINA. VIRUS DISEBAR MELALUI SERVER DAN DIKELUARKAN KE SPEAKER. MUNGKIN AKUN KALIAN PADA GAGU KARNA SUDAH TERJANGKIT VIRUS CORONA SEHINGGA SERVER TIDAK MASUK ORDERAN BISA DIGANTI HP NYA KE MEREK MITO ATAU ADVAN BUATAN INDONESIA SAJA TERIMAKASIH SEBARKAN BERITA PENTING INI SELAMATKAN DUNIA SALAM SUNDA EMPIRE," demikian isi percakapan dalam unggahan akun Pineappel.

Namun, berdasarkan penelusuran fakta seperti dilansir dari Suara, Senin, 27 Januari 2020, informasi tersebut tidaklah benar alias hoaks.

Hal itu diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang meluruskan isu terkait kabar tersebut.

Menurut sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI, Achmad Yurianto, virus corona tidak akan pernah bisa hidup jika menempel di benda mati.

"Virus ini hanya bisa hidup di sel hidup, oleh karena itu terkait dengan barang-barang dan sebagainya sudah dengan tentu ini bukan sel hidup, sehingga ini juga akan mati sehingga sangat tidak memungkinkan kalau ini menular melalui barang-barang, pakaian atau produk apapun sehingga ini juga harus kami jelaskan ke masyarakat tidak perlu takut berlebihan terkait itu," ungkap Achmad saat konferensi pers di Kemenlu RI, Senin, 27 Januari 2020.

Berdasarkan fakta tersebut maka dapat disimpulkan bahwa konten informasi yang diunggah oleh akun Facebook Pineappel adalah tidak benar alias hoaks.

Butuh artikel lainnya? yuk baca Cara Top Up Ml Pakai Pulsa Telkomsel