Mengenal Bedugul Taman Hotel yang Terkenal Angker di Bali

Terkini.id, Jakarta - Bali merupakan destinasi menarik bagi banyak orang yang keindahannya bahkan telah tersohor hingga ke mancanegara.

Namun, pernahkah kamu mendengar Bedugul Taman Hotel? 

Bangunan terlantar ini merupakan sebuah proyek di tahun 90-an, tetapi ditinggalkan begitu saja pada tahun 2002 dalam kondisi belum selesai lantaran adanya peristiwa bom Bali.

Jika diperhatikan, sebenarnya bangunan ini tampak tak jauh berbeda dengan hotel lainnya di Bali.

Namun, jika diteliti lebih dekat, bangunan besar ini sudah jelas tak terawat.

Cat di beberapa bagian dinding telah terkelupas dan anak tangganya pun berlumut sehingga semakin memberikan kesan horor.

Ketika memasuki area kamar, lobby, kamar mandi, dll, maka bukan tak mungkin jika kamu akan merasa bahwa hotel ini memang “berpenghuni”.

Sesuai namanya, hotel yang belum pernah sempat dibuka ini terletak di kawasan wisata Bedugul, Tabanan, Bali, dan diyakini sebagai salah satu tempat yang menyeramkan di wilayah tersebut.

Penemuan hotel ini sehingga akhirnya cukup banyak diketahui orang bermula pada tahun 2015, tepatnya di bulan Desember, ketika seorang warga asing yang merupakan travel writer tak sengaja ‘menemukan’ sebuah hotel megah tak berpenghuni.

Wisatawan asing tersebut bernama Jacob Laukaitis yang kemudian mengunggah sebuah video di akun Youtube miliknya dan mengaku bahwa ia menemukan hotel tak berpenghuni di Bedugul, Bali.

Sejak video tersebut dipublikasikan, banyak cerita seram yang lantas bermunculan.

Mulai dari adanya kisah tentang seorang pegawai yang meninggal tiba-tiba lantaran tempat kerja yang kurang nyaman dan kemudian bergentayangan di malam hari, hingga sebuah cerita perihal suatu grup wisata asal Rusia yang menghilang di saat mengunjungi bangunan misterius ini.

Berdasarkan apa yang ditulis salah satu travel writer asal Australia di blog-nya, di journeye.com, ada beberapa teori mengenai alasan mengapa Hotel Bedugul ini ditinggalkan begitu saja. 

Teori pertama adalah bahwa hotel ini dihantui oleh hantu pekerja yang meninggal selama pembangunan hotel.

Penduduk setempat pun tampak menjauhi bangunan ini dan bahkan sopir taksi yang mengantar sang traveler juga menolak masuk karena alasan "ada arwah bergentayangan", sehingga ia lebih memilih menunggu di luar gerbang.

Teori kedua, yang diberitahukan warga setempat kepada sang traveler (dan termasuk yang paling populer, masuk akal, serta dapat diverifikasi), yaitu bahwa Tommy Suharto dulunya membangun hotel tersebut sebagai salah satu propertinya pada tahun 1990-an untuk dijadikan sebuah proyek investasi.

Namun, sayangnya, pada tahun 2002, Tommy harus dipenjara atas tuduhan pembunuhan seorang hakim, juga bertanggung jawab atas tuduhan narkoba dalam kasus sebelumnya.

Nah, begitu Tommy mendekam di balik jeruji besi itulah kemudian pembangunan hotel ini dihentikan total dengan alasan pendanaan dan kepemimpinan yang salah.

Hanya saja, ada rumor lain yang mengatakan bahwa sebenarnya pemilik hotel adalah seorang saudagar kaya Cina. 

Walau hotel ini tak berpenghuni, tetapi bangunan megahnya yang masih tampak jelas justru menjadi incaran para fotografer untuk mengabadikan setiap spot dalam bidikan kamera.

Kini Hotel P.I Bedugul bahkan telah cukup ramai dikunjungi sebagai tempat wisata horor sekaligus setting sebuah foto yang epik.

Jadi, berniat berkunjung ke tempat ini?