Miliki Layar 90 Hz, Ini Dia Spesifikasi dan Harga Oppo A53

Terkini.id, Jakarta - Merek smartphone di tanah air ini rasanya tak terhitung jumlahnya. Ketika Anda menelisik lebih dekat, Anda akan temukan ratusan merek yang kecil dan tidak terkenal. 

Untuk itu, keluar sebagai pemenang dan dikenal di masyarakat adalah salah satu kehebatan tersendiri. Salah satu merek yang kini terkenal adalah Oppo. 

Merek yang satu ini dulunya masih dianggap sebelah mata. Akan tetapi, kini Oppo sudah memiliki jajaran produk unggulan. Salah satu produk unggulannya yang diluncurkan pada tahun 2020 lalu adalah Oppo A53. Inilah beberapa spesifikasi unggulan dan harga Oppo A53 ini.

1. Refresh Rate 90 Hz

Hal utama yang yang paling diunggulkan dari smartphone andalan Oppo ini adalah refresh rate-nya. Refresh rate ini sebenarnya memberikan pengaruh pada halus tidaknya tampilan layar terutama saat di scroll.

Smartphone kelas high end umumnya memiliki refresh rate yang mencapai 120 Hz. Hanya saja, untuk kelas entry level, sangat jarang yang memiliki refresh rate yang tinggi. Nah, Oppo A53 merupakan salah satu smartphone kelas entry level yang sudah dibekali dengan refresh rate yang cukup tinggi, yakni 90 Hz.

Smartphone yang memiliki refresh rate tinggi biasanya paling banyak dicari oleh para gamers. Anda yang ingin tampilan layar smooth serta responsif pun akan ngiler pada Oppo A53 ini. 

Bahkan, pada touch sampling rate-nya, sudah mencapai angka 120 Hz. Refresh rate ini berbeda dengan touch sampling rate. Refresh rate berkaitan dengan tingkat kecepatan layar untuk melakukan refresh yang berakhir dengan mulus tidaknya layar ketika bergerak. Lalu, touch sampling rate itu berkaitan dengan responnya pada sentuhan. Anda yang menonton film maupun bermain game pun akan lebih puas dengan rate layarnya ini.

2. Double Stereo Speaker 

Speaker atau sound adalah aspek lain yang yang diunggulkan pada Oppo A53. Semakin lantang suara yang dikeluarkan tentunya Anda tidak akan butuh speaker tambahan sebagai pelantang. 

Nah, stereo speaker biasanya hadir pada smartphone yang harganya cukup tinggi. Uniknya, Oppo A53 yang masih masuk pada jajaran smartphone kelas entry level sudah dibekali dengan dual stereo speaker. Efeknya, tentunya suara yang dihasilkan lebih membahana.

Speaker yang ditanamkan tersebut didukung oleh teknologi Diract 2.0. Teknologi tersebut bisa membuat hasil suara yang dihasilkan lebih tajam dan ngebass. Tidak hanya itu, sinyal audio dari Diract 2.0 ini juga membuat suara yang dihasilkan detil serta jernih. Anda yang hobi mendengarkan musik pun akan mendapatkan pengalaman mendengarkan lagu yang lebih optimal bahkan tanpa speaker eksternal atau earphone.

3. Baterai 5000 mAh

Di masa sekarang, smartphone sudah bagaikan menjadi nadi yang sulit untuk lepas dari kegiatan sehari-hari. Mengerti akan kebutuhan itu, Oppo menanamkan baterai jumbo yang pastinya super awet. 

Baterai yang ditanamkan di dalamnya memiliki kapasitas sebesar 5000 mAh. Hal itu membuat Anda bisa memakai smartphone seharian dengan aktivitas sedang dan bahkan 2 hari dengan aktivitas ringan. 

Baterai yang besar tidak lantas membuat Anda lama menunggunya untuk penuh. Oppo A53 juga sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 18 w. Port pengecasannya pun sudah menggunakan port pengecasan terbaru berupa USB Type-C versi 2.0. Oppo juga sudah membekali smartphone ini dengan teknologi Super Power Saving mode. Ketika mode tersebut diaktifkan, Anda bahkan masih bisa menggunakannya untuk telepon selama 1 jam dengan baterai 5%.

4. Display Punch Hole

Sekarang ini, setiap smartphone selalu berlomba-lomba untuk menampilkan layar seluas mungkin dengan bezel setipis mungkin. Mengikuti tren itu, setiap produsen berlomba-lomba untuk meminimalisir keberadaan kamera depan dengan layar berponi hingga dengan kamera pop up. Akan tetapi, smartphone entry level biasanya memiliki layar berponi saja. 

Beruntunglah Anda kalau memilih Oppo A53 karena display layarnya sudah menggunakan punch hole. Artinya, bentang layar sudah mencapai seluruh sisi smartphone. selain itu, Oppo A53 sudah disematkan dengan LCD 6.5 inchi yang aspek rasionya 20:9. Perbandingan bodi smartphone ke layarnya mencapai 82.9%.

5. Triple Camera yang Mumpuni

Kamera adalah salah satu daya tarik dari smartphone di era milenial ini. Setiap pabrikan selalu berlomba-lomba untuk menciptakan kamera terbaik, termasuk Oppo. 

Bahkan, sebelum slogannya sekarang, dulunya Oppo memiliki slogan lain yang berkaitan dengan kamera. Hal itu sudah menjadi bukti kalau sektor kamera adalah salah satu keunggulan pabrikan Oppo termasuk versi A53 ini. 

Di bagian belakang, smartphone yang satu ini sudah dilengkapo dengan 3 kamera belakang yang berkapasitas 16 MP + 2 MP + 2 MP. 

Ya, Oppo A53 memang tidak dilengkapi dengan kamera telefoto. Akan tetapi, kameranya sudah bisa melakukan zoom digital sebanyak 6 kali. Kamera selfie depannya pun kapasitasnya sama besar dengan kamera utama di belakang, yakni 16 MP. 

Baik kamera depa maupun belakang, sudah dilengkapi dengan kemampuan video recording yang resolusi maksimalnya mencapi 1080p. Meskipun kamera belakangnya masih tergolong standar, hasil fotografi yang Anda dapatkan sangat layak bahkan bagus. 

6. Desain Bodi yang Uni

Meskipun tidak banyak orang yang memperhatikan hal ini, kalangan anak muda kebanyakan masih memperhatikan masalah tampilannya. 

Karena pasar Oppo merupakan kalangan anak muda, tentunya mereka tidak melewatkan detail yang satu ini. di Indonesia sendiri Oppo A53 memiliki dua varian warna, yakni Fancy Blue dan Electric Black. Warna fancy blue cocok untuk Anya yang penyuka warna terang terutama biru, sedangkan electric black akan cocok untuk Anda yang lebih suka warna gelap.

Bodi belakangnya memiliki efek kialauan cahaya yang menghasilkan efek 3D bergelombang layanya Adnda melihat aurora. Ketika digenggam smartphone ini terasa mantap karena tekstur matte di bagian ujung-ujungnya. Selain itu, ada sentuhan glossy juga untuk bagian bodi belakang utama. Intinya, untuk masalah, bodu, tidak akan mengecewakan, deh.

7. Slot Khusus untuk Memori Eksternal

Smartphone kelas entry level umumnya memiliki dua slot yang salah satunya bisa dipilih antara memori eksternal atau slot untuk SIM 2. Akan tetapi, pada Oppo A53 sudah dilengkapi dengan 3 slot yang bisa diisi oleh memori eksternal.

Dengan begitu, Anda tida pelu mengorbankan salah satu antara SIM 2 atau memori eksternal. 
Sebenarnya Oppo A53 pun juga sudah memiliki kapasitas internal yang cukup besar. Ada dua pilihan yang bisa Anda pilih, yakni 64 GB dan 128 GB. 

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menambahkan memori eksternal yang berkapasitas hingga 256 GB. Jadi, kapasitas memori smartphone Anda pun pastinya akan lebih besar. 

8. Chipset Snapdragon 460

Kalau menilik performanya, Anda tentunya perlu mengintip prosesor apa yang ditanamkan ke dalam sebuah smartphone. Berada pada kelas entry level, Oppo A53 memang memiliki chipset standar. 

Meskipun demikian, bukan berarti performanya lemah. Chipset Snapdragon 460 merupakan prosesor kelas menengah yang membuat smartphone bisa tetap bekerja maksimal hingga 70% lebih. Ditambah lagi GPU Adreno 610 membuat smartphone ini memiliki kinerja render grafis yang cepat.

Kinerja smartphone juga dioptimalkan dengan RAM di dalamnya. Ada dua pilihan RAM yang disediakan, yakni RAM 4 GB dan 6 GB. Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan, ya. Untuk RAM 4 GB saja, Anda bisa mengandalkan smartphone untuk bermain game besar, seperti PUBG atau Mobile Legends.

9. Harga Mulai 2 Jutaan

Sudah disebutkan sebelumnya kalau Oppo A53 termasuk ke dalam smartphone entry level. Kelas entry level atau kelas termurah ini di Indonesia merupakan kelas yang memiliki tingkat persaingan tinggi karena masyarakat Indonesia memang lebih banyak yang berada pada kelas menengah ke bawah. 

Tidak heran jika kemudian banyak brand yang tak jemu untuk menarik pelanggan di kelas ini.
Nah, Oppo A53 termasuk jenis smartphone yang akan bisa menarik minat Anda. 

Dengan spesifikasinya di atas, Anda akan bisa menggunakan smartphone yang satu ini, baik untuk kebutuhan harian atau pun kebutuhan hiburan. Anda yang ingin tampil gaya pun bisa memilih smartphone yang satu ini karena display-nya yang menarik dan unik. Smartphone dari Oppo ini dibanderol dengan harga mulai dari 2.400.000-an. 

Fakta Smartphone Oppo yang Unik

Sebagai salah satu produsen kenamaan, ada beberapa fakta unik dari smartphone ini yang jarang diketahui. Fakta yang cukup unik dari Oppo ini adalah nama Oppo itu yang dibuanuntuk mudah didengar dan cerminan dari pengalaman yang menyenangkan. Selain fakta itu, ada beberapa fakta unik lainnya di bawah ini.

1. Pengguna Global

Meskipun termasuk pabrik asal China, pengguna Oppo ini termasuk global. Artinya, Anda akan bisa dengan mudah menemukan pengguna Oppo di seluruh bagian dunia karena 1 dari 30 orang di sekitar Anda adalah pengguna Oppo. Hal ini tentunya membuktikan bahwa popularitas smartphone ini tidak bisa dipandang remeh.

2. Total Hak Paten Masuk Top 5

Hak paten untuk inovasi dari perusahaan teknologi itu sangat penting. Keberadaan hak paten bisa menjadi bukti dari mumpuni tidaknya insinyur teknologi untuk merancang produk yang belum ada sebelumnya. Meskipun Oppo termasuk produsen yang cukup baru, Oppo ternyata berhasil masuk ke lima besar produk yang memiliki hak paten. Ada 19.367 hak paten yang dicatatkan oleh Oppo di tahun 2020 lalu. Hal itu membuktikan kalau Oppo ini merupakan perusahaan yang mampu berinovasi.

3. Kemampuan Flash Charge

Dari sebagian besar inovasi yang diciptakan, teknologi Flash Charge adalah teknologi yang paling diunggulkan dari Oppo. 

Bahkan, Oppo berhasil menciptakan teknologi 125 w Supervooc Flash Charge. Teknologi tersebut membuat Anda bisa mengisi penuh smartphone untuk digunakan seharian dalam waktu 5 menit saja! Luar biasa, kan?

Nah, itulah beberapa fakta unik dari Oppo ini. Anda juga perlu tahu bahwa Oppo adalah merek smartphone pertama di dunia yang meluncurkan produknya di Museum Lovre Paris, lho. 

Dengan berbagai keunikan, dan tentunya kelebihannya di atas, apakah Anda berminat untuk masuk ke jajaran pencinta merek Oppo. Anda bisa memilih Oppo A53 atau produk Oppo lainnya yang tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan produknya dan maksimalkan kebutuhan Anda.