Survei Microsoft: Netizen Indonesia Paling Tidak Sopan di Asia

Terkini.Id, Jakarta - Netizen Indonesia menempati peringkat paling rendah di Asia dengan kategori paling tidak sopan menurut survei yang dilaksanakan oleh Microsoft.

Survei yang dimaksud adalah survei Digital Civility Index (DCI) yang merupakan survei yang diadakan setiap tahun oleh Microsoft. Survei ini dibuat untuk menyampaikan bagaiman interaksi online yang lebih aman, lebih sehat, dan lebih saling menghormati di antara semua orang. 

"Studi tahunan kesopanan digital ini penting untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong interaksi positif secara online," sebut Liz Thomas selaku Regional Digital Safety Lead, Asia-Pacific, Microsoft dikutip Detik.com, Rabu 24 Februari 2021.

Dalam survei ini, Microsoft memiliki ribuan responden usia remaja dan dewasa yang berasal dari puluhan negara tentang keterpaparan mereka terhadap 21 risiko online yang berbeda dalam empat kategori: Perilaku, seksual, reputasi, dan pribadi/mengganggu.

Responden yang mengikuti survei untuk tahun 2020 ada sekitar 16.000 responden, 503 di antaranya adalah orang Indonesia.

Survei ini dilaksanakan pada April dan Mei 2020 dan hasil survei dirilis pada pada Februari 2021.

Survei ini menggunakan sistem penilaian laporan tersebut berkisar dari skala nol hingga 100, dengan skor yang lebih rendah mencerminkan paparan risiko online yang lebih rendah, sehingga menghasilkan tingkat kesopanan online yang lebih tinggi.

Melalui survei ini, remaja Indonesia dinyatakan tak memberikan kontribusi apapun mengenai skor, dibandingkan netizen dewasa yang memberikan 16 poin untuk Indonesia.

Meskipun demikian, skor Indonesia mengalami perubahan signifikan perihal 'rasa sakit yang luar biasa' akibat aktivitas online negatif, hingga bertambah15 poin. 

Sedangkan melalui survei tersebut, diketahu bahwa ada tiga risiko online terbesar adalah hoaks dan penipuan, ujaran kebencian, dan diskriminasi di Indonesia.

Tak hanya itu, responden dari Indonesia menyatakan selama pandemi Covid-19 ini, kesopanan online lebih nampak berkat rasa kemanusiaan dan kebersamaan yang ada.

Tetapi hampir lima dari 10 orang terlibat dalam insiden intimidasi, dengan 19 persen responden mengatakan mereka pernah menjadi sasaran. Survein ini juga mengatakan bahwa kaum milenial adalah kaum paling terpukul.

Berbeda dengan Indonesia, negara tetangga Singapura merupakan negara dengan pengguna internet paling sopan di Asia. Singapura menduduki peringkat 4 dari 32 negara sedangkan Indonesia berada di posisi 29.