Ejek Jokowi, Rocky Gerung: Dia Produk Dalam Negeri yang Gagal

Terkini.id, Jakarta - Pengamat politik, Rocky Gerung melontarkan ejekan terhadap Presiden Joko Widodo dengan menyebut Jokowi sebagai produk dalam negeri yang gagal.

Hal itu dilontarkan Rocky Gerung saat tampil live di wawancara Rosi yang tayang di Kompas TV pada Jumat 5 Maret 2021.

Dalam tayangan berjudul 'Jokowi: Miras Batal, Benci Produk Asing' tersebut, Rocky Gerung awalnya membahas soal presiden yang menggaungkan kampanye bangga produk dalam negeri dan benci produk asing.

Menurutnya, istilah bangga dan benci itu tidak bisa disandingkan lantaran kedua istilah tersebut bukanlah lawan kata.

"Yang dipamerkan presiden sebetulnya adalah rise isu itu. Kalau kita otaknya agak bagus, bangga itu lawannya bukan benci," kata Rocky Gerung.

Ia pun menyarankan agar lebih baik pemerintah membiarkan adanya persaingan produk dalam negeri dan asing sehingga nantinya biar masyarakat yang memilih apakah ingin menggunakan produk asing atau produk lokal.

"Biarkan persaingan (produk dalam negeri dan asing) hadir dalam showcase etalase, biarkan orang pilih," tutur Rocky.

Agar masyarakat lebih memilih produk dalam negeri ketimbang asing, maka seharusnya menurut Rocky Gerung kualitas produk lokal tersebut dimaksimalkan oleh pemerintah.

"Maksimalkan produk kualitas dalam negeri supaya kebanggaan itu ada dalam negeri bukan dengan menyingkirkan produk luar negeri," ungkapnya.

Tak lama kemudian, Rocky mengaku bahwa sebenarnya ia tidak pernah membenci Jokowi. Namun, dirinya menilai Mantan Gubernur DKI Jakarta itu adalah produk lokal yang gagal.

"Saya tidak membenci Pak Jokowi karena beliau adalah produk lokal bukan produk asing, walaupun produk gagal," ujar Rocky Gerung.

Mendengar pernyataan Rocky tersebut, Aktivis Kebhinekaan Emmy Hafild yang juga tampil sebagai narasumber dalam program tayangan itu langsung naik pitam.

Dengan nada emosi, ia menyebut Rocky Gerung juga merupakan produk gagal dan intelektual gagal.

"Rocky Gerung juga itu produk gagal loh. Rocky Gerung itu adalah intelektual gagal," kesal Emmy.

Ia pun mengaku tak suka mendengar ucapan Rocky Gerung yang menyebut Presiden Jokowi sebagai produk gagal lantaran menurutnya Jokowi merupakan pemimpin yang dipilih oleh rakyat Indonesia.

"Maaf yah saya tidak suka Anda (Rocky Gerung) mengatakan demikian pada seorang pemimpin yang dipilih oleh rakyat Indonesia," ujarnya.