Faqih Faturrachman Bahas Strategi Membangun Pelanggan Loyal ke UMKM

Terkini.id, Makassar - Belajar marketing selalu asyik dipelajari, banyak jurus-jurus baru, banyak teknik terkini, banyak tools dan media sosial yang setiap hari selalu update.

Tapi apapun toolsnya, media, dan strateginya perjalanan konsumen dari mulai kenal produk sampai jadi pelanggan tidak pernah berubah. 

Maka dari itu, Komunitas Tarbiyah Bisnis menyelenggarakan kelas marketing mengusung tema 'costumer journey mapping' pada Kamis 4 Maret 2021.

“Event ini adalah sarana belajar kawan kawan UMKM yang yang terkena dampak pandemi, kami rutin selenggarakan setiap bulan dengan mengundang praktisi dan professional di bidangnya," ungkap Ahmad Syahruddin sebagai founder Tarbiyah Bisnis.

Kelas marketing tersebut menghadirkan pembicara, Faqih Faturrachman selaku praktisi digital marketing communication.

Selama 2 jam, Faqih membahas strategi menemukan pelanggan loyal di usaha masing masing dengan pedekatan costumer journey mapping.

Sebanyak 30 peserta mengikuti kegiatan ini dengan protok kesehatan yang ketat dengan berbagai latar belakang usaha dari kuliner, fashion, kecantikan, bahkan sampai jasa kontruksi.

“Senang sekali bisa ikut belajar, apalagi tidak sekedar teori, kita langsung praktek dengan menggunakan worksheet disediakan pemateri yang memudahkan kita menemukan pelanggan terbaik,” curhat Yusuf, peserta yang juga manager marketing usaha kuliner di Daya.

“Insya Allah kami akan melaunching produk terbaru kami bulan depan, dan metode ini sangat membantu kami untuk membuat rencana marketingnya,” terang Ardi Abu Raihan, pebisnis skincare.

Costumer Journey Mapping adalah sebuah konsep pemetaan calon pelanggan dan pelanggan, tujuannya agar memudahkan melihat peluang untuk membuat program marketing.