Roy Suryo Laporkan 3 Pembuat Meme Stupa Borobudur ke Polisi, Netizen: Takut Kesepian dan Kedinginan di Dalam Penjara

Terkini.id, Jakarta- Kasus meme stupa Borobudur yang menjerat mantan Menpora Roy Suryo masih berlanjut dan viral di media sosial. 

Dalam kelanjutan kasus meme stupa Borodbudur, Roy Suryo melaporkan pembuat meme stupa Borobudur

Sontak kabar tersebut ramai menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Baca Juga: Roy Suryo Bicara Soal Ganjar Pranowo Suka Video Porno, Netizen: Bapak Bokep Indonesia

Seorang netizen bernama akun @03_nakula turut berkomentar melalui akun Twitternya yang diunggah pada Jumat 17 Juni 2022. 

Menurut netizen tersebut, Roy Suryo melaporkan tiga akun yang mengunggah meme stupa Borobudur karena takut kesepian dan kedinginan di dalam penjara. 

Baca Juga: Polisi Tetapkan Enam Tersangka Penistaan Agama Kasus Promo Holywings, Yusuf Muhammad: Kasus Roy Suryo Apa Kabar?

"Takut kesepian dan kedinginan di dalam penjara, Roy Suryo polisikan tiga akun Pemosting stupa Candi Borobudur bergambar Presiden Jokowi," tulis akun @03_nakula.

Dalam tulisannya, netizen tersebut menyebut pakar telematika tersebut dengan sebutan "maling panci hombreng".

"Maling Panci Hombreng," pungkasnya.

(Twitter/03_nakula)

Baca Juga: Soal Kasus Holywings dan Roy Suryo, Dharmapala Sebut Hukum Tajam Bagi Kelompok Tertentu

Sementara itu, Roy Suryo melaporan tiga akun pengguna Twitter yang lebih dulu mengunggah meme stupa Borobudur. 

"Malam ini (Kamis 16 Juni 2022) Kuasa Hukum saya Pitra Romadhoni Nasution SH MH, membuat LP ke Polda Metro Jaya untuk Para Pengunggah Meme Awal sesungguhnya-yg digoreng BuzzerRp-'seolah2 EDitan saya'," cuit Roy Suryo melalui Twitter tadi malam.

"Namun demikian secara gentle saya tetap Mohon maaf, khususnya kepada Ummat Buddha," lanjutnya, sebagaimana dilansir dari detik.com. 

Sebelumnya, Roy mencuit soal kronologi sejak meme foto stupa Borobudur mirip Presiden Jokowi itu. Dimulai dari munculnya meme pertama hingga meme itu diunggah dua kali.

"Biar semakin jelas (dan tidak ada lagi BuzzerRp yang memprovokasi murahan), ini kronoligi meme tersebut:
- Meme pertama diunggah @IrutPagut 07 Juni 2022 pukul 09.36
- Diunggah kembali @NewOpang 9 Juni 2022 pukul 08.05
Meme satunya diunggah @fly_free_DY 10 Juni 2022 pukul 17.25
URL Lengkap ada di Twit sebelumnya,"

Laporan Roy Suryo terdaftar di Polda Metro Jaya dengan nomor: LP/B/2970/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. 

Dalam laporannya itu Roy Suryo melaporkan ketiga pemilik akun dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.

Langkah melaporkan pengunggah meme foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mirip stupa Borobudur oleh Roy Suryo merupakan buntut cuitan dia sepekan lalu. 

Waktu itu, Roy di Twitternya @KRMTRoySuryo2 mengunggah foto tersebut dan memberikan keterangan yang berkaitan dengan harga tiket mendaki Candi Borobudur.

"Mumpung akhir pekan, ringan-ringan saja twitnya. Sejalan dengan protes rencana harga tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yang (sudah sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah salah satu Stupa terbuka yang Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x AMBYAR," tulis Roy Suryo dalam keterangan unggahannya.

Cuitan itu panen hujatan dari netizen. Dalam prosesnya, dia juga dilaporkan oleh organisasi Buddha Dharmapala Nusantara.

"Iya (akan dilaporkan) jam 1 (siang) besok. Yang akan kita laporkan itu ada dua pihak, yang pertama yang diduga mengedit lalu juga yang menyebarluaskan, pemilik akun @KRMTRoySuryo2 ," kata Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, saat dihubungi wartawan, Kamis 16 Juni 2022.

IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS