MAH Akui Penghasilan Dari Akun Hacker Bjorka Digunakan Untuk Bayar Kredit Motor

Terkini.id, Jakarta - MAH alias Muhammad Agung Hidayatullah akhirnya angkat bicara terkait perbuatannya yang menjadi penyambung lidah Hacker Bjorka dengan menyediakan akun Telegram bernama @bjorkanism.

Menurut MAH, uang yang didapat dari penghasilan akun Telegram buatannya yang ia jual kepada Hacker Bjorka digunakan untuk bayar kredit motor serta demi orangtuanya.

“Uang hasil penjualan channel itu saya gunakan untuk membayar angsuran sepeda motor Rp 800.000 dan membantu orangtua saya,” ujar MAH, dikutip terkini.id dari kompas.com, Sabtu 17 September 2022.

Kemudian MAH menjelaskan bahwa gajinya sebagai karyawan penjual es hanya sebesar Rp750.000 tiap bulannya.

Oleh karena itu ia tidak bisa hanya mengandalkan upah sebagai karyawan penjual es karena dinilai tidak cukup untuk membayar angsuran motor.

Dengan dirinya yang membuat akun Telegram dan menjualnya kepada Hacker Bjorka, MAH dapat membayar kredit motornya dan sekaligus melunasi utang orangtuanya.

Akun Telegram tersebut ia jual kepada Hacker Bjorka pada 10 September 2022 seharga 100 dolar AS.

Pembayaran yang ia peroleh dari Hacker Bjorka tidak dalam berbentuk uang melainkan Bitcoin.

Atas perbuatannya ini, MAH mengaku bersalah karena telah menjadi sarana Hacker Bjorka dalam perbuatannya yang membocorkan data pribadi warga negara Indonesia.

"Saya memang salah karena memberi itu dan memberi sarana Bjorka untuk ngepost,” kata MAH.

Sebagai informasi, Kombes Pol Ade Yahya Suryana selaku Juru Bicara Divisi Humas Mabes Polri menjelaskan alasan dibalik penetapan pria bernama MAH yang telah diamankan oleh Tim Khusus bentukan pemerintah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Tim Khusus, motif MAH untuk membantu Hacker Bjorka dengan akun Telegram itu adalah karena keinginannya untuk dikenal orang serta masalah uang.

"Motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," ucap Ade Yahya Suryana kepada wartawan, dikutip terkini.id dari suara.com, Sabtu 17  September 2022.

Informasi yang telah disebarkan MAH yaitu ucapan ‘stop being an idiot’ yang diunggah pada 8 September 2022, kalimat yang berbunyi ‘the next leak will come from the president of Indonesia’ yang diunggah pada 9 September 2022.

Lalu pada tanggal 10 September 2022, akun Telegram buatan MAH mengunggah pesan Hacker Bjorka untuk pemerintah dan Pertamina yang tertulis ‘To support people who are struggling by holding demonstrations in Indonesia regarding the price of fuel oil. I will publish MyPertamina database soon'.

"Itu yang dipublish oleh tersangka tersebut," tutur Ade Yahya Suryana.

MAH diciduk oleh pihak yang berwenang pada hari Rabu 14 September 2022 di Madiun, Jawa Timur.