Viral, Sekelompok Orang Copot Spanduk Bantuan Gereja di Lokasi Pengungsian Cianjur

Terkini.id, Jakarta - Sebuah video yang memperlihatkan sekelompok orang mencopot spanduk bantuan dari pihak gereja di lokasi pengungsian korban gempa Cianjur, viral di media sosial.

Video sekelompok orang copot spanduk bantuan gereja yang terpasang di atap tenda pengungsian Cianjur itu viral usai diunggah akun Instagram @suarabergema2.id, seperti dilihat Terkini.id pada Sabtu 26 November 2022.

"Sekelompok orang mencopot tulisan di tenda bantuan bagi korban gempa," tulis akun tersebut dalam caption unggahannya.

Menurut sang netizen, lebih baik orang-orang yang melakukan aksi intoleran itu tidak usah menerima bantuan dari pihak gereja tersebut dan mengalihkannya ke korban Cianjur yang lain dibanding harus merusak bantuan mereka.

"'Dapat bantuan dari tim aksi kemanusiaan gereja Reformed, daripada merusak bantuan, lebih baik tidak usah diterima dan dialihkan kepada yg mau. Jangan mau bantuannya tapi tidak mau mengakui yang memberi bantuan," tulisnya lagi.

Dalam video itu, nampak sejumlah orang mencopot spanduk yang terpasang di atas tenda pengungsian korban gempa Cianjur, Jawa Barat.

"Tali Kasih Gereja Reformed," demikian tertulis kalimat dalam isi spanduk yang terpasang di atas tenda berwarna biru itu.

Dilihat dari video, juga nampak seorang pria mengenakan pakaian gamis sedang merekam aksi pencopotan spanduk bantuan gereja tersebut.

Sementara sang perekam video, nampak menyerukan untuk menghancurkan bantuan dari pihak Gereja Reformed itu sambil tertawa.

"Hancurkan! Hehehe," ujar pria perekam video itu.

Aksi sekelompok orang itu menuai respons dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Lewat komentarnya di chat Instagram, RK mengaku akan menindaklanjuti aksi intoleran tersebut.

"Siap ditindaklanjuti. Nuhun. Memang sebagai warga kita masih dangkal kepancasilaannya. Hapunten. Polres nanti saya arahkan," tulis Ridwan Kamil.