Selain Covid, Ini 3 Virus Berbahaya yang Sudah Sebabkan Banyak Kematian di Dunia

Terkini.id, Jakarta - Virus sudah hidup berdampingan bersama manusia, ada jenis virus yang tidak berbahaya seperti Baculovirus, tetapi ada juga virus-virus yang dapat mengancam nyawa manusia seperti Covid yang baru terjadi pada tahun 2019 lalu.

Tetapi masih banyak virus sebelum Covid yang telah membunuh banyak manusia. Berikut adalah 3 virus mematikan yang membunuh banyak korban:

1. Virus Marburg

Virus ini pertama kali diidentifikasikan pada tahun 1967, di laboratorium di Jerman. Diketahui bahwa para pekerja disana terinfeksi oleh sebuah virus yang dibawa oleh monyet yang sedang terinfeksi kala itu. Monyet ini diimpor dari Uganda.

Virus ini menyebar lewat cairan manusia atau hewan seperti darah ataupun cairan tubuh lainnya.

Gejala virus ini seperti demam tinggi, pendarahan di seluruh tubuh, kegagalan organ, dan kematian.

WHO (World Health Organization) mencatat tingkat kematian kasus pada tahun 1967 sebesar 24%, tetapi angkanya naik pada tahun 1998-2000 menjadi 83%. Wabah pada kala itu terjadi di Republik Demokratik Kongo. Lalu angkanya naik menjadi 100% pada wabah di Uganda 2017 lalu.

Lalu pada Agustus 2021 terjadi lagi wabah virus ini di Afrika Barat. Tetapi wabah ini hanya berlangsung selama 6 minggu.

2. Virus Ebola

Wabah virus ini pertama kali ditemukan di Republik Sudan dan Republik Demokratik Kongo pada tahun 1976. Sama seperti Virus Marburg, virus ini juga menyebar lewat kontak darah dan cairan tubuh lain, jaringan dari orang maupun hewan yang terinfeksi.

Setiap strain dari ebola memiliki dampak yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Reston yang merupakan strain dari ebola.

Reston tidak membuat orang sakit. Beda dengan Bundibugyo yang merupakan strain dari ebola. Strain ini mempunyai angka kematian sebesar 50%.

3. Virus Rabies

Virus ini sudah sangat jarang terjadi di negara yang maju dikarenakan sudah ada vaksin. Berbeda dengan dua virus sebelumnya yang belum mempunyai vaksin yang efektif. Tetapi untuk negara yang belum maju, virus ini masih sering terjadi.

Infeksi tersebut disebarkan oleh gigitan hewan yang telah terinfeksi. Virus ini menyerang otak dan menyebabkan kerusakan di otak dan juga saraf.

Gejala penyakit ini seperi kelelahan, demam, sakit kepala, air liur yang berlebihan. Biasanya ketika sudah muncul gejala, maka akan diikuti oleh kematian.

Itulah 3 virus mematikan yang telah menyebabkan banyak kematian di dunia.