Pemerintah Kota Makassar Kurasi Lorong Wisata Tangguh Bencana di 15 Kecamatan

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar telah memulai pelaksanaan Kurasi Lorong Wisata Tangguh Bencana di 15 kecamatan yang ada di wilayahnya sejak tanggal 24 Februari 2024. Upaya ini merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana di Kota Makassar.

Pelaksanaan kurasi telah dilakukan di beberapa kecamatan, antara lain Wajo, Bontoala, Tamalate, Mariso, Biringkanaya, Tamalanrea, dan Makassar.

Menurut Alamsyah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar, tujuan dari kurasi ini adalah untuk mengevaluasi kesiapan dan mitigasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar dalam menghadapi potensi bencana di lorong-lorong wisata.

"Ini dilaksanakan dalam rangka melihat bagaimana mitigasi Pemerintah Kota Makassar dalam kesiap-siagaan penanganan bencana dalam lorong," ungkap Alamsyah, Senin, 26 Februari 2024.

Alamsyah menambahkan bahwa kolaborasi dilakukan dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Makassar, termasuk Diskominfo Makassar, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), serta Camat dan Lurah setempat.

"Pelaksanaan Kurasi Lorong Wisata Tangguh Bencana melibatkan Diskominfo, Damkar, BPBD, Camat, dan Lurah," jelas Alamsyah.

Langkah ini diambil dalam upaya untuk memastikan bahwa lorong-lorong wisata di Kota Makassar memiliki ketangguhan (resilience) terhadap berbagai potensi bencana yang mungkin terjadi.

Ia berharap, dengan kerja sama lintas sektor ini, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di Kota Makassar dapat ditingkatkan secara signifikan.