Cek Fakta: Pesan Peringatan Penghapusan Halaman Facebook seperti Ini Adalah Penipuan

Terkini.id - Admin yang mengelola halaman halaman bisnis media sosial Facebook ada yang menerima peringatan tentang halaman mereka bakal dihapus karena pelanggaran merek dagang.

Diketahui, pesan-pesan yang dikirim lewat inbox atau massenger facebook itu adalah scam atau penipuan.

Administrator beberapa halaman bisnis Facebook, termasuk admin facebook terkini.id, baru-baru ini menerima pesan peringatan dari akun yang mengklaim sebagai staf Facebook dan menyampaikan akun facebook terkinidotid akan segera dihapus.

Bunyi pesannya kurang lebih begini:

“Important Notification: Your Facebook page is scheduled for permanent deletion due to a post that has infringed upon our trademark rights. We have reached this decision after a thorough review and in accordance with our intellectual property protection policies...”.

Begitu kurang lebih pesan tersebut, dan terdapat pula tautan yang diminta untuk diklik oleh penerima pesan jika mereka memilih untuk mengajukan banding atas penghapusan tersebut.

Verifikasi

Menurut situs pelacak penipuan Better Business Bureau (BBB), pesan ini dimasukkan dalam kategori phishing atau penipuan.

Penipuan phishing merupakan salah satu jenis serangan keamanan siber. Penipu menargetkan individu melalui email, pesan teks, panggilan telepon, atau bentuk komunikasi digital lainnya.

Situs BBB menyampaikan tujuan serangan cyber semacam ini adalah untuk “menyesatkan penerima supaya memberikan informasi pribadi yang akan digunakan penipu untuk mendapatkan akses ke rekening bank atau mencuri identitas penerima.”

Dari penelusuran terkini.id, tautan url yang yang diminta untuk diklik mengarahkan ke situs yang bukan situs resmi facebook atau meta.

Tautan tersebut justru saat diklik, kita akan diarahkan ke halaman yang tidak berfungsi atau memiliki kode kesalahan 404.

Selanjutnya, nama akun yang mengirimkan pesan tersebut ke akun terkinidotid adalah Jan Pietrucha, dan Clarus Ia. Terkini.id mengecek akun tersebut namun tidak ada bukti bahwa akun tersebut terverifikasi, tidak punya foto yang jelas tak punya pengikut dan tak ada bukti bahwa dia staf facebook.