Mudik Lebaran 1445 Hijriah: Bandara Sultan Hasanuddin Prediksi Lonjakan 530 Ribu Penumpang

Terkini.id, Makassar – Menyongsong arus mudik Lebaran 1445 Hijriah, Taochid Purnomo Hadi, yang baru saja ditunjuk sebagai Pengganti Wahyudi sebagai GM Angkasa Pura I Makassar, mengungkapkan prediksi jumlah penumpang yang akan melintasi Bandara Sultan Hasanuddin. Diprediksikan mencapai 530 ribu orang.

Purnomo menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan 592 personel yang akan bertugas di posko mudik Bandara Sultan Hasanuddin mulai tanggal 3 April 2024, sesuai dengan perintah dari Kementerian Perhubungan.

Untuk tahun ini, ada penambahan posko dibandingkan tahun sebelumnya, dengan total dua posko yang disiapkan, satu di area keberangkatan dan satu lagi di area kedatangan.

"Kami ingin mengantisipasi lonjakan yang terjadi di bandara," ujarnya pada Kamis, 28 Maret 2024.

Penambahan posko dilakukan setelah pengamatan bahwa jumlah penumpang yang tiba di area kedatangan lebih banyak dibandingkan dengan yang berangkat dari area keberangkatan. Sebaliknya, setelah lebaran, jumlah penerbangan ke luar kota lebih banyak daripada yang masuk.

Untuk memastikan keselamatan penumpang, Angkasa Pura I Makassar telah berkolaborasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Makassar.

"Jika terjadi lonjakan, kami bisa mengantisipasinya sejak dini dengan bekerja sama dengan KKP, serta menyediakan Emergency Fast Respons. Kami akan menyiapkan petugas kesehatan yang menggunakan motor listrik, dilengkapi dengan peralatan kesehatan lengkap, termasuk alat kejut jantung, untuk mempercepat pertolongan pertama kepada pengunjung," paparnya.

Saat ini, jumlah penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin telah mencapai 23 hingga 24 ribu per hari. Ia mengatakan pada H-3 sebelum hari lebaran, diprediksi akan mencapai puncak arus mudik dengan jumlah pengguna jasa mencapai 38 ribu orang per hari.

"Kami juga menyarankan kepada pengguna jasa untuk datang lebih awal. Kami harap jadwal keberangkatan yang dijadwalkan 2-3 jam sebelumnya sudah ada di bandara," tambahnya.

Sementara untuk arus balik, diperkirakan akan dimulai sekitar tanggal 18 April 2024, atau H+7 lebaran.

"Jumlah penumpangnya diprediksi mencapai 40 ribu orang per hari, dan akan terpusat di area keberangkatan," tutupnya.