Profil Wasit VAR asal Thailand, Kontroversinya Bikin Timnas Indonesia Mesti Hati-Hati saat Lawan Uzbekistan

Terkini.id, Jakarta - Wasit asal Thailand yang dianggap kontroversial, Sivakorn Pu-Udom digadang-gadang akan menjadi wasit VAR pada pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas U-23 Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 2024. Sementara itu wasit asal China, Shen Yinhao rencananya yang akan memimpin pertandingan.

Melansir Suara.com jaringan Terkini.id, Pertandingan Timnas Indonesia U-23 versus Uzbekistan akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Senin, 29 April 2024. Pertarungan tersebut akan dimulai pada pukul 21.00 WIB.

Kenangan lampau pun mencuat kembali, karena Garuda Muda sendiri memiliki kenangan buruk dengan wasit asal Thailand tersebut. Sivakorn diketahui memberikan ingatan buruk untuk Timnas Indonesia U-23 dan suporter Garuda Muda pada laga Indonesia versus tuan rumah Qatar yang jadi laga pembuka Piala Asia U-23 2024.

Dalam duel tersebut, Sivakorn yang menjadi wasit VAR turut mendukung sejumlah keputusan kontroversial Nasrullo Kabirov yang menjadi pengadil di laga tersebut.

Tak ada intervensi yang begitu berarti dari Sivakorn yang kemudian menjadikan Timnas Indonesia U-23 dirugikan beberapa keputusan wasit mulai dari penalti setelah Rizky Ridho dinyatakan melanggar lawan.

Oleh karenanya pelanggaran pada Witan Sulaeman yang tak dilihat ulang sebagai potensi lawan terkena kartu merah langsung. Sontak Sivakorn pun menjadi sorotan atas keputusan kontroversial tersebut.

Lantas seperti apakah profil wasit Sivakorn dan kontroversinya? Simak informasinya berikut ini.

Profil dan Kontroversi Sivakorn

Sivakorn sendiri menjadi salah satu wasit berpengalaman di level internasional. Wasit yang lahir di Samut Sakhon, Thailand pada 26 November 1987 tersebut aktif sebagai wasit dalam Liga Thailand sejak tahun 2012.

Lalu, Sivakorn sudah mengantongi wasit lisensi FIFA di tahun 2013 oleh karenanya ia bisa memimpin pertandingan-pertandingan di internasional seperti Kualifikasi Piala Dunia, Piala Asia, AFC Cup, Liga Champions Asia, SEA Games, dan Piala AFF.

Halaman
12
Selanjutnya