Pemprov Lampung Akan Kembali Gelar Pasar Murah

Terkini.id, Lampung - Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada puasa tahun ini Pemerintah Provinsi Lampung juga akan kembali menggelar pasar murah.

Melansir Waykanankab.go.id, Hal itu diungkapkan Fahrizal Darminto selaku Sekretaris Daerah provinsi Lampung saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1422H yang dilaksanakan secara virtual, Jumat 9 April 2021.

Rapat tersebut diikuti oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota se-provinsi Lampung.

Karena masih kondisi pandemi, pasar murah akan diselenggarakan dengan beberapa peraturan ketat yakni mengatur jam akses ke pasar murah agar menjadi aman terkendali serta melakukan pembatasan jam kunjungan kepada para pengunjung.

Fahrizal juga meminta semua pihak untuk melakukan pemantauan harga harian dan perbandingan harga dengan daerah lain serta melakukan operasi pasar murah sebelum dan selama ramadan terhadap komoditas yang dibutuhkan masyarakat. 

"5 komoditas yang perlu diwaspadai terkait fluktuasi harga karena kecenderungan meningkatnya permintaan masyarakat jelang ramadan diantaranya telur ayam ras, daging ayam ras, cabai rawit, daging sapi dan bawang merah”, kata Fahrizal.

Selain itu pengecekan ketersediaan pasokan agar tidak meningkatkan tekanan kenaikan harga dengan  berkoordinasi dengan asosiasi dan distributor komoditas pangan serta melakukan sidak pasar menjelang dan selama ramadhan.

Satgas Pangan dan TPID diminta untuk melakukan koordinasi guna memastikan kembali kecukupan pasokan dan kelancaran akses distribusi bahan pokok. 

Memberikan kemudahan dan dispensasi bagi moda transportasi yang melayani kebutuhan pangan strategis juga harus dilakukan guna berlangsungnya kelancaran distribusi.