Khofifah dan Sugiri Tinjau Padi Varietas Baru di Semanding

Terkini.id, Ponorogo - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, dan Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita meninjau launching padi varietas baru yang ditanam petani di Desa Semanding, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Kamis 4 Maret 2021.

Peninjauan ini dilakukan setelah dilaksanakannya sertijab Bupati di Gedung DPRD Ponorogo. Sugiri dan Lisdyarita meluncurkan padi hasil karya Kreativitas Insan Petani (KIP), sama dengan inisial nama Gubernur. 

Khofifah memberikan apresiasi pada padi varietas baru ini. Dengan varietas - varietas baru yang unggul, Gubernur yakin kualitas dan kuantitas padi di Jatim meningkat. 

"Tentu kami berharap padi unggul dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Terima kasih Pak Sugiri dan tim yang telah menginisiasi varietas yang disebut KIP ini," kata Gubernur Jatim. 

Padi ini mempunyai kualitas yang cukup istimewa, yaitu memiliki keunggulan pada bulir padi yang banyak, postur batang yang tinggi, dan irit pupuk. Untuk nama varietas, sedang diproses menuju KIP. 

"Padi varietas baru ini mampu menghasilkan 16 ton gabah per hektar. Ini dibutuhkan karena Ponorogo memiliki 34 ribu hektar sawah yang bagus, butuh benih sekitar 870 ribu kilogram. Karena itu kami berusaha untuk membuat varietas bibit padi baru yang unggul," kata Sugiri Sancoko. 

Jatim adalah lumbung padi nasional. Petani Jatim menyuplai 80% logistik di 16 provinsi di Indonesia. Pada tahun 2020, produksi padi petani Jatim menjadi yang tertinggi di Indonesia, terpaut 460 ribu ton dari posisi kedua yang dipegang oleh Jawa Tengah. Dengan munculnya varietas - varietas baru yang unggul, diharapkan tentu makin meningkatkan produktivitas petani Jatim. (bid)