Hindari Gibah, Nikmati Sambel Roay, Generasi Milenial Jangan Lupakan Kacang Roay

Hindari Gibah, Nikmati Sambel Roay, Generasi Milenial Jangan Lupakan Kacang Roay

Penulis: Ruslan Raya Mata Sosial

Gibah adalah salah satu penyakit hati yang bahaya bisa merusak jiwa. Dan gibah merupakan perbuatan yang di larang dalam agama islam karena termasuk dosa. Gibah identik dengan kebiasaan kaum Ibu-ibu, tapi kaum laki-laki pun sering terjebak dalam gibah ini. 

Gibah merupakan perbuatan yang mengumbar dan membicarakan keburukan atau aib seseorang. 

Allah SWT sendiri mengumpamakam bahwa  pelaku ghibah itu tak lain seperti memakan daging/bangkai saudaranya yang sudah mati.

"Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang." (Q.S Al Hujurat : 12).

Gibah ini juga bisa menyerang siapa saja tanpa kecuali, jika iman kita Lowbet.

Hemat Mata Sosial, Dari Pada gibah lebih baik nikmati Sambel Roay bikin sehah segar dan jreng kepala. Di Jawa Barat, kacang roay populer dimasyrakat, terutama di pedesaan sebagai tali pemersatu tetangga dengan acara makan botram (makan bersama tetangga), salah satu menunya biasanya ada sambel kacang roay.

Generasi milenial harus tahu dahsyatnya nikmat sambel roay, jangan pernah lupakan kacang roay, tanaman lokal yang kaya manfaat. 

Kacang Roay adalah tumbuhan yang merambat, di kampung-kampung di jawa barat ini, biasanya di ditanam di sekitar rumah atau di kebun, kacang roay ini sering dikonsumsi mentah dengan dibikin sambel roay atau pencok roay.

Penelusuran dari berbagai sumber, secara ilmiah kacang roay adalah masuk dalam:
Kingdom : Plantae
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae
Subfamili : Faboideae
Bangsa : Phaseoleae
Genus : Phaseolus
Spesies : P. lunatus
Nama binomial : Phaseolus lunatu

Tidak hanya di Indonesia, kacang roay pun juga ada di Malaysia, Thailand,  Vietnam, Filipina. 

Negara Malaysia Kacang Roay disebut kacang kekara kratok, Negara Thailand thua rachamat, Negara Vietnam adalah dâu ngu, negara Filipina adalah Sbatse Simaron.
 
Yang pasti kacang roay ini adalah banyak manfaatnya  bagi kesehatan tubuh kita. 

Hemat Mata Sosial bagi orang sunda kacang roay adalah tanaman pemersatu tetangga, Kearifan lokal dari botram bisa menumbuhkan Bhineka Tunggal Ika skala mikro di tingkat tetangga. 

Cara bikin sambel roay versi Team Mata Sosial adalah sebagai berikut;

Bahan-bahan
1 Kacang Roay yang muda secukupnya.
2 Kemangi/Suaraung sesui selera.
3 Kencur Secukupnya. 
4 Gula pasir secukupnya. 
5 Garam Secukupnya.
6. Cabe/Cengek sesuai selera.
7. Bawang putih sedikit aja.
8. Penyedap rasa jika di perlukan. 

Lalu, Cuci bersih dan potong-potog halus kacang roay tersebut, ulek kemangi/suraung,  kencur,  garam, Gula pasir, bawang putih sampai halus dan setelah itu masukkan irisan kacang roay lalu ulek sambil baca solawat dan bismilah. Selanjutnya santap bareng-bareng dijamin cenghar alis segar. 

Jadi, dari pada Gibah mending makan sambel roay. Gibah jelas jadi dosa dan tidak baik buat kesehatan psikologis, Konsumsi olahan kacang roay jelas nikmat dan menyegarkan.

Karena Gibah adalah penyakit yang bisa menyerang siapa aja tanpa kecuali, bahkan tokoh agama pun bisa terserang gibah ini. Jadi mari kita tingkatkan kesadaran dalam menjalankan Habluminanas dengan baik dan benar. 

Pesan penulis, Hindari Gibah, hasut, dan fitnah, lebih baik mari budayakan tanaman lokal sebagai pemersatu dengan aneka olahan pangan.

Pokoknya mah hidup sambel roay!!!

Silahkan ceritakan pengalaman mu saat pertamakali makan sambel roay.

Dan silahkan paparkan aneka manfaat dari kacang roay. 

Salam Mata Sosial Yuk Peduli Yuk Berbagi

Konten ini diproduksi oleh Sukabumi Terkini