Beredar Situs Palsu, Situs Resmi Kartu Prakerja : www.prakerja.go.id

Terkini.id, Bogor - Setelah pemerintah resmi membuka Kartu Prakerja gelombang 12 pada Selasa, 23 Februari 2021, muncul oknum yang memanfaatkan momen tersebut. Bogor Terkini menemukan situs Prakerja palsu yang beredar di media sosial. Situs palsu itu berjenis web phising.

Melansir laman Niagahoster.co.id, web phising adalah upaya memanfaatkan website palsu untuk mengelabui calon korban. Website untuk phising akan terlihat mirip dengan website resmi dan menggunakan nama domain yang mirip. Hal ini disebut domain spoofing.

"Sebagai contoh, untuk menyerupai niagahoster.co.id, domain yang digunakan pelaku phising adalah niaga-hoster.my.id," tulis Suryadi Kurniawan dalam Niagahoster.co.id seperti dikutip pada Kamis, 25 Februari 2021.

Bogor Terkini menemukan situs Kartu Prakerja gelombang 12 dengan domain daftarprakerja.net, prakerja12.net, dan prakerja12.com.

"Situs Prakerja adalah www.prakerja.go.id," kata Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu seperti dikutip dari Liputan6.com.

Kesimpulannya, situs resmi Kartu Prakerja adalah www.prakerja.go.id. (MHT) 

Konten ini diproduksi oleh Bogor Terkini