Ini Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Terkini.id, Pangkep - Ketika sedang ditengah-tengah sprint kejar deadline tiba-tiba laptop lemot? Kalian pasti pernah mengalami hal seperti itu. Kira-kira apa penyebab laptop lemot?

Kalau Anda mengalami kondisi ini, perasaan jengkel dan kesal  sudah pasti muncul dan akan menghambat laju produktifitas Anda. Nah, karena itu, kita perlu mencari tahu penyebab laptop lemot lebih dulu baru kemudian mencari tahu cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya, dilansir dari suara.com jaringan terkini.id, Rabu, 24 Februari 2021.

1. Terlalu Banyak Instal Aplikasi

Ketika Anda menginstal beberapa aplikasi tambahan di samping aplikasi bawaan, kuota aplikasi itu akan makan tempat di sistem RAM Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar tidak menginstal terlalu banyak aplikasi.Installah yang penting-penting saja dan berhubungan dengan bisnis atau bidang kerja Anda.

Jika Anda sudah terlalu banyak menginstal aplikasi dan sekarang laptop jadi lemot, segeralah uninstal aplikasi yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Sisakan aplikasi yang benar-benar mendukung dunia kerja Anda sehingga produktifitas Anda pun meningkat. Dengan menguninstal beberapa aplikasi, beban RAM akan berkurang dan kinerja laptop akan meningkat lebih baik.

2.  Lemot Karena Virus

Salah satu penyebab laptop lemot ialah karena virus. Apabila Anda merasa RAM maupun Drive C masih memiliki banyak ruang tersisa tapi penggunaannya terasa lemot, hal ini sudah pasti disebabkan karena virus dan hidden software yang terindikasi sebagai malware.

Virus atau hidden software seperti ini sangat merugikan karena dapat merusak perangkat RAM maupun Drive C. Untuk mengatasinya, Anda harus menginstal antivirus, dan setelah di'sembuhkan' harap gunakan laptop Anda semestinya saja.

Jangan mendownload aplikasi tak dikenal apalagi muncul rekomendasi instal aplikasi dari suatu website yang tidak kredibel.

3. Spesifikasi Laptop Tidak Cukup Menampung Kebutuhan Anda

Spesifikasi laptop adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli sebuah laptop. Mengetahui spesifikasi laptop di awal amat penting untuk mendukung penggunaan Anda dan juga dalam hal perawatan.

Ketika sudah mengetahui spesifikasinya, Anda bisa memiliki gambaran apakah aplikasi yang Anda butuhkan untuk bekerja bisa terinstal dan dijalankan dengan baik di laptop Anda atau tidak.

Sebab, bila spesifikasi prosesor dan RAM yang dimiliki laptop tidak memadai untuk kebutuhan Anda, maka kinerja laptop bisa menjadi lemot atau malah tidak berjalan sama sekali. Pembelian Anda pun bisa menjadi sia-sia saja. Intinya, belilah yang sesuai kebutuhan Anda.

4. Menggunakan Beberapa Aplikasi Sekaligus

Penyebab laptop lemot selanjutnya ialah Anda punya kebiasaan membuka beberapa aplikasi sekaligus sehingga membuat laptop harus bekerja keras mengoperasikan semua jenis aplikasi yang Anda buka. Beberapa aplikasi membutuhkan ruang kerja yang besar dalam prosesor, beberapa memang tidak.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya membuka aplikasi yang penting-penting saja. Hindari kebiasaan membuka beberapa aplikasi berat secara bersamaan. Apalagi jika spesifikasi laptop Anda tidak memenuhi syarat untuk mengoperasikan seluruh aplikasi.

Misalnya aplikasi editing video, editing foto, dan trading saham. Ketiganya membutuhkan kapasitas prosesor yang besar. Maka dari itu, gunakan secara bijak setiap aplikasi. Meskipun Anda seorang multitasking dan laptop didesain untuk bisa multitasking juga, tapi ada batasannya loh ya.

Cara mengatasi laptop lemot dengan problem seperti ini ialah aktifkan task manager untuk mengontrol pengguaan RAM pada saat ingin menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

5. Umur Hardisk Sudah Tua

Perangkat elektronik juga punya 'umur' sehingga tidak bisa dipakai selamanya. Perangkat elektronik seperti laptop memiliki batas masa pakai, jadi silahkan perhatikan apakah penyebab laptop lemot Anda kemungkinan adalah umur hardisk yang sudah tua? Coba ingat lagi kapan laptop tersebut dibeli, seperti apa spesifikasinya.

Kalau memang sudah terlalu tua, solusi yang dapat Anda ambil ialah mengganti hardisk pada laptop. Lakukan backup data-data penting lebih dulu, selanjutnya Anda bisa menggunakan HDD atau SSD untuk kinerja yang jauh lebih baik.

Hardisk tipe SDD memiliki kecepatan transfer yang jauh lebih tinggi dibanding HDD. Penggunaan ini bisa memungkinkan kinerja laptop Anda lebih cepat. Dari segi harga, SDD memang lebih mahal dari tipe HDD. Silahkan evaluasi dulu kebutuhan Anda, baru beli.

Demikian beberapa kemungkinan penyebab laptop lemot dan beberapa cara untuk mengatasinya. Semoga hari Anda menyenangkan.

Konten ini diproduksi oleh Pangkep Terkini