Rakorsus 2024, Diskominfo Makassar Siapkan Inovasi Support OPD Lainnya

Terkini.id, Makassar - Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Makassar siapkan inovasi, guna mensupport OPD yang ada di lingkup Pemkot Makassar, khususnya di bidang IT.

Demikian disampaikan Plt Kadis Kominfo, Ismawaty Nur, saat memaparkan evaluasi dan inovasi yang telah dilakukan di 2023, dan yang telah direncanakan di tahun 2024, pada Rakorsus 2024 Pemkot Makassar yang digelar di Four Point by Sheraton Hotel, Senin, 26 Februari 2024.

“Untuk saat ini, Diskominfo telah memiliki beberapa inovasi, seperti city surveillance. Yang dapat membantu dalam mengoptimalkan jalur lalu lintas, mendukung sistem pengamanan kota, dan peningkatan efisiensi pengelolaan kota,” ujarnya.

Inovasi lainnya yakni adanya aplikasi call center 112, yang ditujukan sebagai layanan bagi masyarakat untuk memudahkan menyampaikan saran, aduan, ataupun keluhan-keluhan.

Ismawaty Nur, melanjutkan masih terdapat inovasi lainnya, seperti publik wifi on publik spacel, super aplikasi anrong, makaverse news, virtual reality (VR) meeting, tourism alley surveillance, dan juga data center.

Untuk ke depannya, Diskominfi telah menyiapkan beberapa inovasi yang tidak kalah pentingnya, seperti Makassar Virtual Economic Center (MARVEC), Intergrated public wifi witg EWS, AQI, and Surveillance, Makassar Super Apps Metaverse Learnibg Platform, Makaverse Phase 2, Public Services, dan Al Analytics City Surveillance.

Hampir dipastikan berbagai program inovasi yang disiapkan Diskominfo guna mendukung bidang lainnya, seperti halnya dengan kehadiran MARVEC diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat dengan membuka ruang bagi pelaku UMKM, masuk ke dunia digital.