Innalillahi, AHY Putra SBY Sampaikan Kabar Duka Dari Partai Demokrat

Terkini.id, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan berita duka cita dari Partai Demokrat.

Melalui laman twitter pribadinya, Putra Sulung SBY tersebut mengabarkan bahwa politikus senior asal Partai Demokrat yakni Max Sopacua telah meninggal dunia.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut belasungkawa atas wafatnya Bapak Max Sopacua," cuit AHY pada Rabu 17 November 2021.

Dalam cuitannya tersebut, AHY mengajak seluruh kader partainya untuk mengirimkan doa untuk Almarhum Max Sopacua.

"Hari ini saya mendapat kabar duka tersebut dari putri Almarhum. Saya mengajak Keluarga Besar @PDemokrat untuk kirim doa, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan. Amin," sambung AHY.

Diketahui, Max wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, pada usia yang ke 85 tahun. Selama aktif di Partai Demokrat, Max sempat menduduki beberapa jabatan penting salah satunya menjadi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP.

Ia pun memutuskan keluar dari Partai Demokrat di tahun 2019 usai usahanya membuat Gerakan Moral Penyelamatan Partai Demokrat (GMPPD) menuntut Kongres Luar Biasa (KLB) pada 2019 tak ditanggapi oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Setelah keluar dari Partai Demokrat, Max pun bergabung dengan partai Partai Era Masyarakat Sejahtera (Partai Emas). Namun, ia kembali keluar dari Partai Emas di tahun 2021.

Ia pun kembali bergabung dengan kubu Moeldoko menginisiasi KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara, untuk menentang kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono.

Sebelum menjadi politisi, Max Sopacua sempat mengawali kariernya dengan menjadi penyiar berita di TVRI.