Pj Bupati Jeneponto Pimpin Rapat Koordinasi Analisis Situasi Program Pencegahan dan Penurunan Stunting

Terkini.id, Jeneponto - Pj Bupati, Junaedi Bakri pimpin rapat koordinasi analisis situasi program pencegahan dan penurunan Stunting yang berlangsung di ruang Pola Panrannuangta, Kamis, 21 Maret 2024.

Kegiatan itu dihadiri, Pj Ketua TP PKK Jeneponto, Sumiati, Sekda Arifin Nur dan para Kepala organisasi perangkat daerah Pemerintah Kabupaten Jeneponto.

Pj Bupati Jeneponto, Junaedi Bakri menegaskan kepada semua pihak untuk lebih fokus dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Kabupaten Jeneponto.

"Tren penurunan prevalensi Stunting di Kabupaten Jeneponto harus lebih ditingkatkan, Sehingga target Prevalensi Stunting dapat kita wujudkan, untuk mewujudkan hal tersebut memerlukan kerjasama multisektor yang efektif, efisien dan harmonis," Kata Junaedi.

Untuk mendorong konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting, kata Junaedi, Bappenas bersama dengan Kemendagri telah menyusun Panduan 8 Aksi Integrasi.

“Dalam upaya percepatan penurunan stunting perlu akselerasi dan perubahan fundamental yang dilakukan dari hulu. kebijakan yang mengatur harus dilakukan mulai pra nikah, kehamilan, masa kehamilan dan masa interval sebagai upaya pencegahan," jelasnya.

Dalam melakukan pencegahan dan percepatan penurunan stunting, perlu adanya komitmen Pemerintah Kabupaten hingga Desa dan Kelurahan serta semua stakeholder.

"Komitmen kita semua akan menjadi kunci keberhasilan dalam percepatan penurunan stunting. Koordinasi sampai tingkat desa mutlak harus dilakukan dan merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan konvergensi stunting," Tutup Junaedi.